cover
Contact Name
I Gusti Agung Ngurah Trisna Jayantika
Contact Email
jayantika@mahadewa.ac.id
Phone
+6285739639728
Journal Mail Official
jayantika@mahadewa.ac.id
Editorial Address
https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/emasains/about/editorialTeam
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
ISSN : 23022124     EISSN : 26228688     DOI : -
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains is a mathematics and science education journal which published and managed by the FKIP Education University PGRI Mahadewa Indonesia. This journal is published twice a year, namely March and September. Contains Indonesian-language writings derived from the results of research, theoretical studies and application of theory with studies of mathematics, science and environmental education issues. Emasains : Jurnal Edukasi Matematika contains research papers in the fields of mathematics and science education. The scope of this journal study is as follows: Mathematics education Biology education Living environment Assement in Science and Mathematics Education Evaluation in Science and Mathematics Education
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017" : 11 Documents clear
Pengaruh the Power of Two terhadap Prestasi Perkuliahan Pengantar Statistika dengan Mengontrol Pengetahuan Awal Imam Suseno
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.529 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran the power of two dengan mengontrol pengetahuan awal terhadap hasil belajar pengantar statistika di Prodi Bahasa Inggris Uninversitas Indraprasta PGRI Jakarta. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh the power of two terhadap hasil belajar pengantar statistika, dengan mengontrol pengetahuan awal mahasiswa. Penelitian dilakukan di prodi bahasa Inggris Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2 X 2, sampel seluruhnya berjumlah 60 diambil secara random dari populasi yang terbagi dalam empat kelompok, setiap kelompok terdiri atas 15 mahasiswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada dua yaitu: (1) tes pengetahuan awal statistika, (2) tes hasil belajar pengantar statistika. Data penelitian dianalisis dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur dan dilakukan uji lanjut karena terdapat interaksi antar faktor. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan: (1) Mahasiswa yang berpengetahuan awal tinggi dan diajar dengan metode the power of two hasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa mempunyai pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan konvensional, (2) Mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah dan diajar dengan the power of twohasil belajarnya lebih tinggi daripada mahasiswa yang berpengetahuan awal rendah yang diajar dengan konvensional.Implikasi hasil penelitian ini adalahpembelajaran pengantar statistika dengan menggunakan metode the power of two dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa prodi bahasa Inggris.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Keaktifan, Hasil Belajar dan Respon Siswa Made Yudiastika
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.607 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa, (2) meningkatkan hasil belajar siswa, dan (3) mengetahui respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tampaksiring. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3 SMA Negeri 1 Tampaksiring pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015 yang berjumlah 35 orang siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga Siklus. Setiap Siklus terdiri dari dua kali pertemuan yang didalamnya terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, serta refleksi. Data mengenai hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis pada setiap akhir siklus, data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan metode observasi, dan data mengenai respons siswa dikumpulkan melalui angket. Data yang telah dikumpulkan tersebut dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Hal ini ditunjukkan oleh hasil penelitian terhadap aktivitas belajar siswa pada Siklus I aktivitas belajar pada kategori cukup aktif dan pada kategori cukup aktif pada Siklus II berada pada kategori aktif pada Siklus III. (2) Hasil belajar pada Siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 62,86%, pada Siklus II kenaikan ketuntasan belajar siswa sebesar 88,57% dan pada Siklus III ketuntasan siswa meningkat menjadi 100%. (3) Respons siswa terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berada pada kategori sangat positif pada akhir Siklus III.
Penerapan Model Pembelajaran Kolb Tipe Accomodator untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Biologi Leonard Yusta Mahemba; Ni Nyoman parmithi; N. Putri Sumaryani
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (444.887 KB)

Abstract

Kurangnya minat, dan hasil belajar peserta didik karena kualitas proses belajarnya kurang maksimal. Kinerja guru belum maksimal dalam menciptakan suasana kegiatan pembelajaran karena guru lebih cenderung menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI) sehingga siswa kurang tertarik dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Kolb Accomodator dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model pembelajaran Kolb Accomodator type. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017 yang berjumlah 42 orang. Objek penelitian tindakan kelas ini adalah: (1) Bunga. (2) Hasil belajar peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner minat, dan menguji hasil belajar peserta didik. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada peningkatan minat dan hasil belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan rata-rata skor minat belajar peserta didik pada siklus I 4,14 berada pada kategori baik dan pada siklus II rata-rata minat siswa meningkat menjadi 4,45 berada dalam kategori sangat baik maka terjadi peningkatan sebesar 9,66% . Skor rata-rata 2) Hasil belajar juga meningkat dari siklus I 80,11 nilai rata-rata hasil belajar meningkat pada siklus II menjadi 86,30 meningkat 7,78% Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penyerapan peserta didik pada siklus I 80,11% mengalami peningkatan. siklus II hingga 80,30% terjadi peningkatan 7,78% ketuntasan klasikal pada siklus I 72% dan siklus II sebesar 95% berarti peningkatan sebesar 31,94%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Kolb Accomodator dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik kelas X MIA 1 SMA PGRI 4 Denpasar tahun akademik 2016/2017.
Penerapan Metode Inkuiri dengan Media Power Point Berbasis Mandiri untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Biologi pada Materi Sistem Kekebalan Tubuh Manusia I Gusti Putu Agung Arimbawa
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.705 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan motivasi belajar Biologi; (2) meningkatkan prestasi belajar Biologi siswa dengan menerapkan metode inkuiri dengan pembuatan powerpoint mandiri. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas, dengan subyek seluruh siswa kelas XI IPA3 SMA N 1 Petang tahun pelajaran 2015/2016, berjumlah 26 orang, sedangkan obyek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar Biologi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data motivasi belajar diperoleh menggunakan angket motivasi belajar pada skala Likert (1-5) dan data prestasi belajar siswa dikumpulkan dengan tes prestasi belajar yang disusun berbentuk tes objektif, skala 100. Data dianalisis menggunakan statistik diskriptif, dengan hasil-hasil penelitian sebagi berikut, yaitu 1) terjadi peningkatan motivasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA3. Rata-rata motivasi belajar Biologi, sebesar 80,15 (kategori tinggi) pada siklus I, dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 85,85 (kategori sangat tinggi). 2) Terjadi peningkatan prestasi belajar Biologi siswa kelas XI IPA3 melalui implementasi metode inkuiri melalui pembuatan powerpoint, yaitu pada siklus I rata-rata prestasi belajar Biologi siswa sebesar 68.40 (kategori cukup), dan terjadi peningkatan pada siklus II menjadi 89.00 (kategori sangat baik).
Optimalisasi Pelestarian Curik Bali (Leucopsar rothschildi) di Pusat Pembinaan Populasi Curik Bali Tegal Bunder Taman Nasional Bali Barat (TNBB) I Made Subrata; I Nengah Suka Widana; Yulianus Mandur
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.786 KB)

Abstract

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan Hasil penelitian menunjukan bahwa teknik konservasi yang diterapkan dalam melestarikan Curik Bali di Pusat Pembinaan Populasi Curik Bali Tegal Bunder yaitu (1) Dilakukan pemilihan pasangan indukan oleh penangkar untuk mendapat calon indukan generasi baru. Hal ini dapat dilakukan dengan memilih induk yang relatif masih muda/masa usia produktif, dipilih indukan yang sehat, tidak cacat tubuh dan tidak kurus. (2) Dilakukan tukar menukar indukan oleh penangkar untuk menghindari terjadinya perkawinan sedarah (inbreeding). (3) Dilakukan pemeliharaan pasangan induk diantaranya pembersihan kandang (sanitasi), pemberian pakan Curik Bali, dan perlindungan terhadap gangguan hewan liar seperti moyet pada saat mengeram atau merawat piyik. Penangkaran oleh masyarakat merupakan upaya dalam rangka mengembangkan konservasi Curik Bali secara ex situ melalui program penangkaran Curik Bali berbasis masyarakat. Kegiatan penangkaran oleh masyarakat desa yakni Desa Sumberklampok sudah dirintis sejak bulan November 2010 yang dikenal dengan kelompok penangkar Manuk Jegeg. Kelompok Penangkar Curik Bali Sumberklampok (KPCBS) Kendalakendala pelestarian Curik Bali disebabkan dari dua faktor yaitu faktor internal yang berasal dari dalam tubuh Curik Bali berupa gen yang kurang atau tidak bagus akan menurun pada anaknya yang menyebabkan cacat tubuh/tidak sehat dan faktor eksternal yang disebabkan karena pengaruh luar berupa iklim yang tidak menentu antara musim panas dan musim penghujan menyebabkan Curik Bali sangat sulit untuk beraktivitas. Upaya penanggulangan yang dilakukan dengan mengganti indukan yang kualitas gennya baik. Berdasarkan data perkembangan populasi Curik Bali di penangkaran, Pusat pembinaan populasi Curik Bali Tegal Bunder dari tahun ketahun yakni tahun 2012-2016 diketahui persentase tingkat keberhasilan dalam meningkatkan populasi Curik Bali tiap tahunnya, yaitu tahun 2012 sebesar 19,35%, tahun 2013 sebesar 15,97%, tahun 2014 sebesar 19,04%, tahun 2015 sebesar 22,27% dan tahun 2016 sampai 30 April 2016 sebesar 23,38% dan dengan hasil ini, usaha pelestarian populasi Curik Bali di pusat pembinaan populasi Curik Bali Tegal Bunder TNBB dapat dinyatakan berhasil dari kualitas usaha penangkaran.
Persepsi Penulisan Artikel Ilmiah pada Guru Pembina Olimpiade IPA Ni Wayan Ekayanti
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (236.426 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis persepsi penulisan artikel ilmiah pada guru IPA guru olimpiade yang siswa bersaing di BBO di Universitas Mahasaraswati Denpasar pada tahun 2017. Penelitian ini adalah pra eksperimental dengan desain posttest only, yang dilakukan pada bulan September 2017. Sampel 13 guru. Data dianalisis menggunakan chi-square, dengan bantuan SPSS. Kemampuan menulis artikel ilmiah guru IPA olimpiade konstruktor yang siswanya mengikuti BBO dapat dikelompokkan menjadi 3 kategori yaitu kurang, sedang dan baik. Hasil tes menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan nyata tentang persepsi penulisan artikel ilmiah pada guru. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi guru konstruktor olimpiade IPA yang siswanya mengikuti BBO adalah kategori sedang tanpa adanya perbedaan nyata (p = 0,676 *) setelah perlakuan diberikan.
Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Bakat Numerik Siswa Ni Made Dianti Purwaningsih; I Wayan Widana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (243.809 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan kecerdasan logis matematis. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain kelompok kontrol non ekivalen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 10 kelas dengan 374 siswa. Sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simple random sampling. Ada dua sampel, kelas VII F (kelompok eksperimen) dan kelas VII H (kelompok kontrol). Data dikumpulkan dengan tes dan metode observasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah kecerdasan logis matematis dan tes hasil belajar matematika. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dan analisis kovarians. Hasil analisis data adalah: (1) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional, (2) terdapat perbedaan hasil belajar matematika siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model konvensional setelah mengendalikan matematis logis. Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti model Problem Based Learning dengan model pembelajaran konvensional dengan mengendalikan kecerdasan logis matematis siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Mengwi 2016/2017.
Pengaruh Pendekatan Inkuiri Berbantuan Asesmen Autentik terhadap Ketahanmalangan dan Hasil Belajar Matematika I Gusti Agung Ngurah Trisna jayantika; I Wayan Karya Widnyana
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (327.966 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik terhadap ketahanmalangan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini tergolong Quasi Exsperiment (eksperimen semu) dengan desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Non Equivalen Posttest-Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Denpasar sebanyak 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik multistge random sampling, yang dirandom adalah kelasnya dan didapat 2 kelas sebagai sampel. Variabel terikat yaitu ketahanmalangan dan hasil belajar matematika dan variabel bebas yaitu pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dan pembelajaran konvensional. Data tentang ketahanmalangan siswa dikumpulkan dengan angket ketahanmalangan dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan di analisis dengan uji manova dengan menggunakan SPSS 17,0 for windows. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh : 1) terdapat perbedaan ketahanmalangan antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional. 3) Terdapat perbedaan secara simultan ketahanmalangan dan hasil belajar matematika antara siswa yang diberikan pendekatan inkuiri berbantuan asesmen autentik dengan siswa yang diberikan pembelajaran konvensional.
Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Minat Belajar Ni Wayan Sunita
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (371.748 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2 × 2 yang dilaksanakan di jurusan pendidikan Matematika dengan melibatkan sampel sebanyak 48 mahasiswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner minat belajar dan tes hasil belajar matematika. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji Anava dua jalur. Hasil penelitian ini adalah: 1) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan mahasiswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 78,454 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima H0 ditolak 2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar Matematika mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah. Dari uji hipotesis juga didapat Fhit sebesar 220,443 dengan sig .000 lebih kecil dari 0.05sehingga H1 diterima dan H0 ditolak .3) Terdapat interaksi antara mo del pembelajaran dengan minat belajar terhadap hasil belajar Matematika dan didapat Fhit sebesar 50,030 dengan sig .000 lebih kecil dari 0,05 sehingga H1 diterima dan H0 tolak.
Upaya Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Penerapan Beberapa Metode Pembelajaran Inovatif I Gusti Ayu Rai; Kadek Yuniari Suryatini; I Wayan Budiyasa
Emasains : Jurnal Edukasi Matematika dan Sains Vol. 6 No. 2 (2017): September 2017
Publisher : FPMIPA IKIP PGRI Bali

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.166 KB)

Abstract

Saat ini masih banyak guru-guru dominan menggunakan metode ceramah dalam mengajar, sehingga suasana kelas berpusat pada guru, kelas menjadi pasif karena kurang diberi kesempatan dalam mengajukan pendapat, tidak fokus dalam belajar, dan akhirnya berdampak pada rendahnya hasil belajar peserta didik. Di sisi lain, metode yang digunakan guru tidak sesuai dengan materi ajar dan situasi kondisi kelas. Oleh karena itu perlu pertimbangan dalam memilih dan menetapkan metode pembelajaran inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas beberapa metode pembelajaran inovatif, berdasarkan kajian hasil-hasil penelitian penggunaan metode pembelajaran yang tergolong inovatif. Penelitian ini tergolong penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik analisis konten (Content Analysis). Populasi dan sampel penelitian berupa 7 dokumen hasil penelitian tentang metode pembelajaran inovatif, dan ditetapkan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan. analisis data, disimpulkan bahwa penerapan beberapa metode pembelajaran inovatif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil analisis penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu melalui penerapan metode pembelajaran Who Wants To Be A Smart Student, Student Fasilitator And Explaining, Quantum Learning, Index Card Martch dan Quantum Teaching, menunjukkan terjadinya peningkatan di bidang aktivitas, minat, motivasi dan hasil belajar pada setiap siklus. Hal ini ditunjukkan melalui hasil penelitian eksperimen semu, yaitu pnggunaan Self Regulated Learning berbantuan Guided Note Taking dan metode Diskusi Tipe Buzz Group berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar. Penerapan kedua metode tersebut menunjukan hasil yang lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran biasa (konvensional).

Page 1 of 2 | Total Record : 11